[PENGALAMAN] Cerita Lolos SNMPTN 2019


Halo semua...

Udah lama nggak ngisi blog suramku ini hehe...

Kali ini aku mau posting kabar gembira dan kisahku di sekolah sampe akhirnya lolos snmptn 2019 *yeay... langsung aja ya! Oh ya, maklum ya kalo postingan ini sangat panjang.



Ini bukan untuk pamer sombong ya... tapi siapa tau kalian jadi termotivasi :)




Tahap 1 (flashback lulus smp)

Waktu itu hari pengumuman UN SMP. Aku berpikir nilaiku bisa bagus diatas 29 atau bahkan 30 koma lah danemku saat itu karena menurutku aku bisa ngerjain UN dengan baik kok.. walaupun ya ada kesulitan di soal-soal tertentu. Aku inget itu pengumuman sore hari, ortu suruh datang ke sekolah. Aku nunggu di rumah sambil deg deg an sumpah. Pas bapak sampe rumah, aku dimarahin, ternyata danemku Cuma 26 koma kalo nggak salah inget. Aku down... temenku yang menurutku dibawahku, jarang belajar, dapat 30 ke atas cuy... Gimana perasaanmu coba??? Itu pas bulan puasa.

Aku inget banget... akhirnya harapanku pupus buat masuk SMA Favorit di kotaku. Tapi temenku nyuruh aku  tetep daftar aja.. oke aku nurut tapi tetep nggak berharap... Pil 1 ku SMA favorit tsb, Pil 2 SMA nggak begitu fav.  Bener dugaanku, di hari kedua aku daftar namaku di sma fav, tp esoknya namaku pindah sma pil 2 :’( oke... no prob... Btw aku dari SMP fav jadi pengen masuknya SMA fav juga. Tapi ortu sama kakak dukung aku. Mereka bilang nggak apa-apa di SMA pil 2 itu aja, aku disuruh lebih rajin belajar nantinya supaya mudah masuk kuliah (waktu itu udah denger tentang jalur undangan rapot/snm). Akhirnya aku bangkit dan nggak sedih lagi. Mungkin emang ini jalan terbaik yang Allah kasih buat aku.






Tahap 2 (kelas X)

Di SMA ku, aku milih jurusan IPS. Aku males sama itungan yang seabrek wkwk... padahal SMP dulu aku ikut ekstra FISIKA 2 tahun. And then aku bingung sumpah :v makanya masuk IPS. Oke... di kelas X ini aku sekelas sama temenku yang dari SMP. Mereka sama-sama buangan wkwk... no problah... waktu itu ya seru juga sih MOSnya... suruh nyanyi ABITA, mars sma-ku, pbb, dll. Aku inget banget waktu PBB kan suruh gerakan hormat, entah itu tanganku emang gitu apa gimana ya tanganku pokoknya kakel marahin aku soalnya tanganku nggak bener. Kakel cewek itu. Dia sampe megang dan ya istilahnya benerin tanganku biar bener tapi sulit :v dan teru ada kakel cowok bilang “itu tangannya udah kayak gitu. Udah biarin aja”. And aku sampe sekarang masih bingung... Tanganku kenapa???? Gerakan hormatku salah :’(

Nah di kelas X ini aku biasa aja sih... belum target harus juara kelas apalagi masuk paralel sekolah. Tapi emang kalo di kelas aku dominan dan menonjol kata guruku. Pas pengumuman nilai tengah semester, nilaiku tertinggi di kelas, but urutan 7 di IPS. Aku udah nggak berharap sih... yang penting tetep 10 terbaik ips di semester akhir nanti. Dan pas semester 1 selesai, alhamdulillah, nggak nyangka aku paralel 1 :’) sumpah aku nggak nyangka banget waktu itu. Tapi sayangnya di semester 2 aku turun paralel 2.

Tahap 3 (kelas XI)

Dikelas XI ini aku mencoba bangkit. Aku berambisi merebut tahtaku *cielah bahasanya... Di kelas XI aku coba terbaik di setiap Ulangan, ujian, tugas, dll. Di tahun ini aku juga ikut lomba-lomba. Alhamdulillah aku bisa mengoleksi piagam bidang sastra. Kelas XI ini aku udah berandai-andai pengen masuk SASTRA INDONESIA – UB. Kenapa UB? Suka aja gitu sama UB. Waktu itu aku cerita ke temen dekatku... kalo nggak UB ya UGM. Penting sastra! Alhamdulillah semester 3 aku kembali paralel 1 lagi :) 

Pas masuk semester 4 aku semakin giat pengen bikin rapot aku bagus. Karena aku dapat info kalo mau lolos SNM harus meningkat terus nilainya. Waktu itu kakel ada yang keterima AKUNTANSI – UNDIP. Aku langsung mikir mau ikutan daftar akuntansi nanti pas kelas XII. Materi Ekonomi Akuntansi kan baru ada kelas XII jadi ya aku belum ngerasain Akuntansi wkwk ... tapi pengen masuk situ. Oke fix. 


Tahap 4 (kelas XII)

Nah kelas XII ini saat aku merasakan gimana akuntansi itu. Ternyata mudah dan enak aja gitu. Waktu itu semester 5 nya materi perusahaan jasa. Nggak begitu sulit... aku jadi makin mantap mau akuntansi. Btw waktu itu aku sama temenku yang paralel mau ambil samaan Akuntansi – UNDIP nanti pas SNM. Yaudahlah, siapapun yang diterima, itu rejekinya, pikirku waktu itu. Nah pas masuk semster 6 nih semester ruwet menurutku wkwk... akuntansi perusahaan dagang materinya... lebih bingung dari jasa menurutku... dan ternyata kompakan aku sama temenku itu nggak jadi mau daftar akuntansi haha...

Aku dapat info kalo mau lolos snm daftar aja jurusan yang nilai rapotmu tinggi... Aku pokoknya SNM mau UNDIP. Aku lihat rapotku tinggian mapel SOSIOLOGI. Aku langsung cek prodi undip, ilmu komunikasi sama psikologi yang didukung nilai sosioku yang tinggi (rata2 5 semester 92 vroh :v). Aku pengen komunikasi... tapi kakak dan BK nyaranin psikologi. Aku nggak mau. Ngurus diri sendiri nggak becus kok ngurus orang lain wkwk...

Aku pernah coba tes minat bakat gratis di YOUTHMANUAL (sumpah ini nggak promosi, aku nyobanya gratisan kok nggak yang premium). Aku cocok di jurusan yang cenderung ke kepemimpinan/leadership, analisis juga. Nah aku lihat nilai ekonomiku juga masuk TOP 3 nilai tinggi di rapot. Akhirnya aku kepikiran masuk manajemen. Aku juga mau bangun daerah gitu, jadi aku juga pengen Ekonomi Pembangunan. 


 Ini data nilai rapotku guys...




 Nilai rapotku yang khusus mapel UN


Awalnya aku mantep di Ekonomi Pembangunan tapi aku mantep dan fix itu jurusan di pilihan ke 2. Aku bingung jurusan ke 1 mau komunikasi, akuntansi, apa manajemen, apa malah psikologi.
SNM pun tiba, aku masuk 40% terbaik yang bisa daftar. Aku langsung cerita ke temenku mau pada daftar apa.buat meyakinkanku. Akhirnya setelah mikir dan lihat di data statistik peminat tahun lalu dan daya tampung. Komunikasi undip rame pake banget. Akuntansi nggak rame tapi aku juga udah nggak terlalu minat wkwk. Psikologi? Big NO! Manajemen? Mau kayak komunikasi. 

Akhinya aku milih manajemen sebagai pil 1 ku. Alasannya:
1.      Aku emang suka mimpin, suka bicara, suka berdiskusi, dsb lah (hasil youtmanual juga nyaranin jurusan leadership)
2.      Udah nggak mau psikologi dari awal
3.      Takut ketolak kalo tetep ambil komunikasi soalnya rame vroh :v
4.      Nggak mau akuntansi because udah nggak minat lagi dan nggak mau disebut ambil aman because ada kakel 2018 keterima di Akuntansi 

So, dengan hati mantap dan tetap ada kebimbangan, ku finalisasi SNM. Aku termasuk yang duluan finalisasi. Oh ya aku juga upload piagam sastraku. Katanya nggak mempengaruhi sih wkwk.. Kan soalnya aku ambil FEB. Tapi setidaknya aku ngasih tahu panitia kalo di non akademik aku juga aktif :) 

Awalnya ortu ingin aku Akuntansi, tapi kujelasin dan aku ceritain sampe akhirnya mau nerima jurusan manajemen (aku takut kalo ortu nggak ridho malah zonk :’( huhu...) dan guru ekonomiku juga sempet kecewa mungkin karena aku nggak ambil akuntansi... Maafkan Rio ya bu Indah :) 

 Kartu SNMPTN ku


Tahap 5 (Masa Akhir)

Ya... ini hari-hari paling mendebarkan akan datang... pengumuman SNM dijadwalkan 23 maret. Aku udah punya planing kalo gagal SNM mau daftar UTBK sama PMDK-PN. Dan waktu itu ada info snm diajukan tanggal 22 maret jam 4 sore... aku deg-deg an... pas hari jumat juga... aku berdoa tuh lebih giat hehe... (bisanya tingga berdoa cuy!). Nah pas tanggal 22 maret itu abis tahajud aku cek ig dan fb. Ada kabar bisa cek hasil snm bro... aku kaget dong... dengan tangan gemeteran di atas kasur aku buka link pengumumannya... sumpah aku deg deg an banget!!!! Pas keluar hasilnya.... Aku pengen teriakkkkkk... Tangan gemeteran...

 Hasil SNMPTN ku

Alhamdulillah MANAJEMEN – UNDIP!!! Alamakkkk!!! Tak menyangka aku... aku udah pesimis dari awal sebenernya. Tapi ada info lagi cek sore lagi. Siapa tau itu error atau gimana. Aku tetep ngecek siangnya (pengumuman diajukan jam 1 siang abis jumatan). Aku nunggu hitung mundur sampe selesai fix jam 1. Pas jam 1 web sempet error dan pas udah bisa normal kembali dan aku cek, SAMA! ALHAMDULILLAH!!! Manajemen :’) UNDIP tercintah...

Buat temen-temen seangkatanku yang baca ini, semangat UTBK atau jalur lainnya. Percaya aja kalo Allah udah nyiapin yang terbaik buat kalian dimanapun kampus kalian.Tetep semangat dan bikin keluarga kalian BANGGA!

Buat adek-adek yang baca ini, semangat belajarnya. Kalo nanti kalian bisa SNM dan lolos, ahamdulillah itu rejeki kalian. Kalo belum, tetep percaya ada yang lebih baik. Rajin belajarnya, buat ortu bangga. Oke?!

Untuk tips buat adek-adek pas daftar SNM menurutku ya pilih yang jurusan kamu sukai, nilai rapot yang relevan sama jurusan itu mendukung, coba ikut lomba biar dapat piagam pendukung di snm, ridho ortu dan guru, dan berdoa selalu... Itu aja sih dek.

SEMANGAT SEMUANYA!!!

Komentar

  1. Dagdigdug..Rabu, 8 April 2020.

    BalasHapus
  2. Selama SMA ikut bimbel ga?kalau iya bimbel apa?..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Wahh makasih kak, menginspirasi sekali 😊👍👍 oiya kak mau tanya, nilai rata2 rapornya brp? Maaf bgt ya kak, pengen tau bgt supaya bisa kira2 nilaiku memenuhi atau ngga, makasih kak

    BalasHapus
  5. Halo kak Rio! Terimakasih ya atas tulisannya, semoga sehat dan sukses selalu ya kak!

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar^^
Kalo info ini bermanfaat buat kamu, silakan share!